Monday, September 8, 2008



"New" Prajurit Deskomvisnya ADVY 08
Nama Kelompok "KUAS"
desain tampang nya pada Ordinary., tapi desain kreatifitasnya Extraordinary..!!

"...Bermula dari hari pertama masuk Tekhnikal Welkamp Mhs Baru ADVY 08, tanggal 060908., jem 9'an langsung ngerasa jd Mhs baru lagi terus disuruh foto bareng tim tuk formalitas dari Sang Panitia Welkamp Mhs Baru ADVY 2008. Hmmm... actually sungguh sangat membosankan pada saat - saat seperti itu saat dimana semua mahasiswa baru menjadi objek desain para panitia..

Hahaaa..., Nga kenal bulu' Mhs Baru ADVY 08...
Ada yang Keliatan Bekas Mahasiswa ada juga yang keliatan Interpol nyamar jadi mahasiswa.. HAHAAAAHAA!!! udah gitu mereka pun juga ikutan dijadiin objek kerjaan panitia Welkamp yang notabene angkatan 2007! GOkiLL nga Tuuh..!!! HAAAHaaaa ( hmm.. si penulis juga terbilang tua' angkatan 2005 cuuy ).

back to the creative idea..."
ngomongin ide kreatif sama dengan kita ngomongin masa depan yang kita create sendiri dan terlahir dari diri atau otak kita sendiri yang kemudian diolah dengan aktifitas - aktifitas kita seharian. Ide itu bahan baku, kreativitas itu cara memasak! Maka, tanpa kreativitas, ide menjadi sekadar bahan baku yang mati. Ide dan kreatifitas mirip dua sisi dari mata uang yang sama. Dibolak-balik ya namanya tetap saja mata uang. Plato menyebutnya 'dunia ide' dan 'dunia ide' itu akan bermanfaat bagi kehidupan kalau sudah berinteraksi dan bersinergi dengan dunia nyata; dunia yang dihadapi manusia sehari - hari.

Nah! Bisnis adalah dunia nyata. Banyak orang yang mengira bisnis tidak ada kaitan langsung dengan "dunia ide." Sudah pasti pandangan itu keliru!

..Petakumpet ( Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang creative idea atau bekerja dan berkreatifitas dalam segala sesuatu dengan akar ide-ide kreatif ) adalah bukti bersinerginya antara ide, kreatifitas dan dunia nyata. Yang dinamakeun... : Bisnis Ide!

Sinergi itu juga menjawab tantangan marketing 3.0 marketing era budaya dan kreativitas. Itulah kredo yang patut dicamkan dan dikembangkan masyarakat marketing dan advertising sampai tahun 2025.

Meminjam istilah Jack Trout "differentiate or die," maka kredo marketing-advertsing masa kini adalah : "creative or die!" Tinggal pilih, mau kreatif untuk kemudian berkembang maju atau mau mati! Sederhana 'kan?

..Petakumpet menjawab tantangan itu bukan dengan pernyataan, wacana, apalagi omong kosong. Jawaban itu bernama bisnis ide, bisnis yang menggunakan ide dan kreatifitas sebagai komoditas utama.

Bisnis ide, tentu tidak sekadar menjual produk atau servis. Lebih dari itu, menjual ide dan kreativitas. Intangible banget ya? Pasti! Karena dunia masa kini memang makin Intangible. Makin maya, makin tak teraba.

Hanya orang-orang yang mampu merengkuh yang maya dan tak teraba itulah yang bisa muncul sebagai pemenang di era persaingan yang makin bengis sekarang ini. Sudah bengis, sadis lagi! HAHAAAA...! Tatuuuut!!!

Tak bisa dibayangkan "Jualan Ide Segar" yang benar-benar segar akan dapat membangun / menghasilkan miliaran rupiah tanpa modal. ..SUMPEH LOH!!!..

Dalam perspektif Descartes, orang-orang yang malas berfikir adalah orang-orang yang hidup antara ada dan tiada; "hidup enggan, mati tak mau."

Maka, berfikirlah agar anda tetap ada! Resep Mujarabnya? Ya sering baca buku.


[writer by, Riristanto Dwiputra.]
Student's. Visual Communication Design at Academy Design Visi Yogyakarta.

Thank's.